• Sel. Feb 20th, 2024

Satu Tahun Pembangunan Asrama Panti Baitul Qowam dan Momentum Peringatan Isra’ Mikraj Rasulullah SAW.

Bertepatan momentum peringatan Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW   1443 H/ 1 Maret 2022  tak terasa jantera waktu bergulir sedemikian cepat, tak terasa sudah 1 tahun proses pembangunan asrama panti asuhan Baitul Qowwam telah berjalan. Dari awal masih berupa lahan yang penuh  pohon,   dilakukan pemotongan dan pembersihan lahan,  pembuatan fondasi, talut,  kerangka bangunan, pengecoran   Alhamdulillah terus berjalan tanpa henti.

Kamis, 11 Maret 2021 Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW  sebagai tonggak awal pembangunan asrama panti   yang ditandai dengan Doa Bersama pembukaan lahan waktu itu.[1]

Spirit peringatan Isra Mi’raj ini akan menjadi penanda dan penyemangat bagi segenap pengurus, pengelola dan segenap warga panti Asuhan Baitul Qowwam untuk berupaya sebaik mungkin, berlomba dalam kebajikan mewujudkan cita-cita membangun generasi milenial yang dibekali dengan ilmu yang kuat serta dengan dasar agama yang kuat sebagai pondasinya berupa membangun kepribadian anak agar memiliki integritas (akhalqul karimah), kemandirian, solidaritas, dan ketekunan.

Ibrah dari peristiwa itu, Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu tentang diwajibkannya shalat lima waktu bagi kaum Muslimin, dimana dalam surah al-Isra ayat pertama, Allah SWT berfirman, yang artinya, “ Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjid al-Haram ke Masjid al-Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat” .

Isra Miraj ini paling tidak mengajarkan kepada kita semua untuk mencapai sukses dalam mengarungi kehidupan dunia dan selamat di akhirat kelak,”. [2]

Hikmah Isra Miraj pertama yaitu yakin akan kekuasaan Allah yang tiada bandignya, maka hanya kepada Allah manusia mengembalikan semua urusannya.

Hikmah Isra Miraj kedua, belajar kepada masa lalu dan mengantisipasi masa depan. Hikmah ketiga, senantiasa terkoneksi dengan Sang Pencipta yang diwujudkan dengan sholat dan menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Bantuan tiada henti mengalir untuk keberlangsungan pembangunan asrama panti BQ  insha Allah ini adalah sebuah pelajaran yang bisa kita petik betapa pribadi-pribadi yang telah diperjalankan, dituntun dan dibukakan hatinya untuk mampu ber amal jariyah adalah merupakan cerminan dari jiwa yang telah bisa mengambil dan mendalami hikmah Isra Miraj yaitu yakin akan kekuasaan Allah yang tiada bandingnya, maka hanya kepada Allah manusia mengembalikan semua urusannya.

Insha Allah  para donatur memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan asrama ini, banyak yang bisa ambil contoh seperti sosok H. Sadono dengan penulisan buku tentang Tafsir Al Quran dengan methode urutan turunnya surat yang hasil penjualanya diserahkan untuk pembangunan panti, Pak Nastangin seorang penggiat dakwah yang menggalang dana dari berbagai kelompok pengajian di seputar Sleman, Triamoko bersama Komunitas Jum’at Berkah yang berkontribusi cukup besar dalam pendanaan proyek .Juga sumbangan pemikiran dan peralatan dari pak Imin Plumbon yang dengan pengalaman dan jaringannya sangat membantu teknis pembangunan.

Namun juga tidak lupa kami banyak sekali pribadi yang dituntun dan diperjalankan Allah untuk memberikan donasi jariyahnya kepada panitia pembangunan justru dari sosok tidak terduga-duga memberikan jariyahnya,  ini semua tentu karena Allah yang memampukannya.

Menurut Pak Agus Triyanta Pimpinan Panti dan Aris Eko pantai pembangunan , “ Saat ini Pembangunan gedung baru asrama panti asuhan Baitul Qowwam telah sampai pada tahapan pemasangan dinding lantai pertama dan pemasangan kusen pintu dan jendela dan dilanjutkan dengan pemasangan lantai dan kelistrikan dan juga melanjutkan proses pengecoran lantai 3.” Panitia pembangunan berharap  pada Ramadhan 1443 H ini asrama sudah bisa digunakan untuk berbagai kegiatan dalam rangkaian bulan puasa .  Insha Allah


[1] https://www.telusur.co.id/detail/alhamdulillah-gedung-panti-baitul-qowwam-mulai-dibangun

[2] https://www.republika.co.id/berita/qpt1xl320/3-hikmah-isra-miraj-menurut-ketua-komisi-dakwah-mui

 294 total views,  8 views today

Tinggalkan Balasan