• Sel. Feb 20th, 2024

Masjid An Nuur Krapyak Triharjo Sleman,  Gelar Takjil Umum Ramadhan 1443 H  Bersama  DR Agus Triyanta

Ramadhan, Bulan yang Mulia yang senantiasa ditunggu oleh umat Islam karena didalamnya penuh dengan keberkahan, ampunan serta diselamatkan dari api neraka bagi sesiapa yang beribadah hanya mengharap Ridho Allah semata.  Semangat itulah yang  nampak di jama’ah Masjid An Nuur Krapyak, Triharjo, Sleman, Kabupaten Sleman yang menyambutnya dengan aneka rangkaian kegiatan ibadah seperti Shalat Fardlu berjama’ah, Tarawih, Takjil,Tadarus dan lainnya.

Pada Ahad  17 April 2022 / 16 Ramadhan 1443 Takmir menggelar  acara Takjil Umum dengan antusias diikuti oleh jama’ah dengan menampilkan pembicara DR. H. Agus Triyanta, Dosen FH UII dan pimpinan panti asuhan Baitul Qowwam Mororejo Tempel yang dalam kali itu memberikan kajian tentang Mukjizat Al Qur’an.

Al Qur’an adalah mukjizat terbesar sepanjang masa yang diwahyukan kepada Rasul Muhammad SAW, berupa kalam Allah yang diturunkan melalui perantara Malaikat Jibril yang menjadi bukti kerasulan dan pedoman untuk seluruh umat manusia.

Al-Quran merupakan dalil pertama dan utama dalam syariat Islam, sebagai mukjizat Al-Quran tersebut tidak hanya pada satu segi saja, melainkan dari segi bahasa, makna dan kandungan atau substansinya. Tidak ada satu manusia pun yang dapat menandingi Al-Quran .

“ salah satu mukjizat Al Qur’an adalah bagaimana didalamnya memberikan informasi tentang hal-hal yang belum terjadi seperti dalam QS Ar Ruum yang menyampaikan bahwa bangsa Romawi akan dikalahkan umat Islam, dan sejarah menjadi saksi atas kebenaran peristiwa ini, tandas Agus Triyanta”.

Di ayat lain disebutkan betapa umat manusia akan menyesal sebagaimana dalam Surat Al-Fajr ayat 23,   Pada hari besar itu neraka jahanam disodorkan. hari itu orang kafir sadar dan bertaubat, tetapi bagaimana kesadaran dan taubatnya bermanfaat baginya sementara di dunia ia melalaikannya dan waktunya telah berlalu? Dia berkata “seandainya didunia aku telah melakukan amal-amal yang bermanfaat bagiku di akhirat.” Jangan sampai kita menjadi manusia yang menyesal atas perbuatannya di dunia.   Selagi masih diberi kesemptan dan peluang terutama di Ramadhan bulan yang mulia ini jangan sampai disia-siakan.

Menurut salah satu Takmir Masjid An Nuur yakni  M. Mahmudi  menandaskan “ semoga jama’ah bisa memetik Salah satu hikmah puasa Ramadhan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang berpuasa Ramadhan  yaitu derajat takwa sehingga umat Muslim berlomba-lomba untuk beribadah seoptimal mungkin untuk menggapai ridho Nya”. 

Tinggalkan Balasan