• Sel. Feb 20th, 2024

Sosialisasi  Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional BPBD Kabupaten Sleman

Puncak peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana tingkat Nasional tahun 2022 Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan digelar di Jateng dan  DIY, termasuk termasuk di   Magelang, Boyolali (Jawa Tengah) dan Sleman (DIY) yang dipilih karena empat daerah tersebut  berada di lingkar Gunung Merapi.

Daerah-daerah  tersebut telah memiliki  rencana kontingensi dari level desa sampai kabupaten serta keterlibatan masyarakat secara aktif dalam melakukan simulasi atau gladi kebencanaan dan peran perguruan tinggi serta dukungan penuh pemerintah daerah, sehingga telah mempunyai kesiapsiagaan yang baik, apabila sewaktu-waktu terjadi kedaruratan bencana.

Untuk Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional BPBD Kabupaten Sleman akan melakukan pembunyian sirine EWS Gunung Api Merapi pada sebagai tanda kegiatan tersebut dan agar di sosialisasikan kepada masyarakat rangkaian acara tersebut pada Selasa, 26 April 2022 pukul 10:00 WIB di 13 Titik EWS  Early Warning System ) Gunung Api Merapi.

Untuk itu masyarakat dihimbau Tetap tenang dan tidak panik serta melakukan Latihan Evakuasi Mandiri segera menuju titik Kumpul yang telah ditentukan.

Adapun Sirine EWS yg akan di bunyikan  meliputi EWS Turgo 1, EWS Turgo 2, EWS Ngandong, EWS Ngepring, EWS Kemiri, EWS Kaliurang Barat, EWS Kaliurang Timur, EWS Ngrangkah, EWS Petung, EWS Kalitengah Lor,  EWS Kalitengah Kidul, EWS Srunen 1, EWS Srunen 2 .

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional sendiri bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan seluruh elemen masyarakat dalam menghadapi bencana, mengingat Indonesia berada di wilayah rawan bencana.

Tinggalkan Balasan