• Sel. Feb 20th, 2024

Takbir dan Tahmid Kembali Berkumandang Syahdu dalam Sholat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Bangunkerto Kapanewon Turi 

 

Setelah umat Islam melakukan  Rangkaian ibadah puasa selama sebulan penuh tentunya ini bisa mengubah manusia menjadi insan yang bertakwa dan meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat dalam ridha Allah SWT.  Itulah makna Syawal yang berarti peningkatan kualitas insan setelah selama sebulan digembleng untuk menjadi insan yang bertaqwa.

Berbondong-bondong jama’ah dengan penuh ceria berjalan dan memenuhi lapangan Bangunkerto yang pagi itu penuh dengan semangat baik tua muda, pria wanita maupun anak-anak hadir menjaadikan lautan manusia .

 Kerinduan nan membuncah untuk bisa bersilaturahmi dan merayakan Idul Fitri yang sudah dua lebaran  tidak  bisa melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan secara bersama, Alhamdulillah hari ini rasa rindu kami  terbayar sudah,” ujar Sutrisno salah satu jamaah yang juga merupakan Anggota KOKAM Turi yang turut mengamankan rangkaian sholai Id kali ini.  

“ Setelah dua tahun tidak menggelar shalat Idul Fitri pada 2022 Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sidoharjo kembali mengadakan Sholat Id yang dilakukan setelah mendapatkan lampu hijau dari PP Muhammadiyah dan setelah kasus Covid-19 yang menurun serta ketentuan pemerintah  dengan membolehkan kegiatan tanpa ada pembatasan ataupun jarak serta berkoordinasi dengan Kalurahan dan Polsek dan pihak terkait, Alhamdulillah menyelenggarakan sholat Id tahun ini bisa dilaksanakan di lapangan Ngablak tandas  pada 1 Syawal 1443 H di Hari Senin 2 Mei 2022 “ sebagaimana disampaikan H. Nuryanto Syafii Ketua PRM Sidoharjo kepada Arief Hartanto reporter Buletinsleman.com .

Dalam khotbahnya Ponmin S,Pd menyampaikan “ semoga setelah Ramadhan kita harus menjaga istiqomah dalam menjalankan ibadah secara berjama’ah, tadarus , sholat lail dalam kehidupan kita”. Dalam Quran Surat At Thalaq 2-3 Allah telah berfirman “ Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.”   “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”.

Sementara itu ada 5 hal harus dijaga oleh umat Islam dalam hidupnya yakni mengamalkan dan menjaga syariat Islam, menjaga jiwa dan perkataan, membelanjakan hartanya di jalan Allah, menjaga akal sehat dan menjaga keturunan yang baik.

Adapun untuk  Imam dan Khotib Sholat Idul Fitri 1443 H Senin 2 Mei 2022  di lingkungan Kapanewon Turi diantaranya adalah di Balai desa Wonokerto : H. Tri Raharjo, S.Ag., M.SI., Lap.Bangunkerto , : Ustadz H.Ponimin S,Ag. MPd ,SMK Muh 1 : Drs. H.  Bambang Sumaryoto, Lapangan Puntuk : HT  Yudiana, Hal. Masjid At Taqwa Pancoh : Lukman Syaiful Fikri, Lap Turi : Basuki Kasihono ,Ganggong : Lukman Harun, S.Pd ,Lapangan volly Dadapan : H. Murtandlo, S.Pd.I., Lap. Gama Asri Sukomarto, Ust Dr H. Ali Sunarsa M.Pd

 Sementara  Ketua PCM Turi, Bambang Rahmanto menyampaikan harapan “ agar rangkaian ibadah puasa selama sebulan penuh bisa mengubah manusia menjadi insan yang bertakwa dan meraih kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat dalam ridha Allah Swt.”

Lurah Desa Anas Makruf  berujar “ alhamdulillah setelah dua tahun kita bisa kembali melaksanakan sholat Id  Allah telah memberikan kebaikan dan kesempatan sehingga  bisa menggelar Sholat Id dengan suasana penuh kegembiraan dan jama’ah sangat senang  dan tetap dengan menjaga prokes serta ketertiban,kami juga turut mengucapkan Selamat Idul  Fitri 1 Syawal 1443”.

https://youtu.be/v357wB3Q60s

Tinggalkan Balasan