• Sel. Feb 20th, 2024

Polres Sleman Antisipasi Aksi Pembobolan ATM Dengan Metode Skimming

Antisipasi aksi kasus pembobolan ATM dengan metode skimming yang merugikan sejumlah nasabah Bank, Polres Sleman secara rutin melakukan patroli ke titik-titik lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Kabupaten Sleman.

Kasi Humas Polres Sleman AKP Edy Widaryanta mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan Polres Sleman untuk menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif .

“Personil Sabhara patroli secara rutin setiap pagi dan sore ke obyek vital salah satunya di gerai mesin ATM untuk mencegah berbagai modus kejahatan perbankan,” ungkapnya

Selain untuk mengecek apakah ada alat skimming yang ditempelkan di mesin ATM, Personil Sabhara juga mengimbau para nasabah yang sedang mengambil uang tunai agar berhati-hati dan waspada terhadap tindak kejahatan perbankan.

Menurutnya, skimming merupakan kegiatan untuk menggandakan/mencuri data nasabah secara ilegal, yang mengambil uang di mesin ATM, biasanya alat tersebut dipasang didekat lubang ketika orang memasukkan kartu ATM ke mesin sebagaimana dilansir dari Polressleman.Com.

“Mesin ATM yang terindikasi digunakan untuk skimming adalah jika di bagian keluar uang biasanya ditutupi stiker. “Kalau petugas menemukan benda mencurigakan akan kami laporkan ke bank yang bersangkutan,” bebernya

AKP Edy Widaryanta berharap, “dengan kehadiran Polisi di perbankan, para nasabah dan petugas Bank dapat melakukan transaksi dengan aman, tidak merasa was-was dan khawatir segala bentuk aksi kejahatan manakala mereka melihat ada polisi berpakaian seragam,” harapnya

Sembari patroli, Personil Sabhara juga mengingatkan nasabah untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19,” pungkasnya.

2 thoughts on “Polres Sleman Antisipasi Aksi Pembobolan ATM Dengan Metode Skimming”

Tinggalkan Balasan