• Sel. Feb 20th, 2024

Mengasah Kemampuan Masyarakat Tanggap Bencana Kalurahan Margorejo

Kondisi Kabupaten Sleman yang rawan bencana membutuhkan masyarakat yang tangguh dan siap menghadapi bencana karena dapat terjadi kapan saja.  Masyarakat yang  tangguh bencana ialah masyarakat yang mampu mengantisipasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak melalui proses adaptasi serta  mampu mengelola dan menjaga struktur dan fungsi dasar tertentu ketika terjadi bencana, dan jika terkena dampak bencana mereka dapat membangun kehidupannya menjadi normal kembali atau paling tidak dengan cepat memulihkan diri secara mandiri.

Untuk terus menumbuhkan pemahaman tersebut pada Selasa, 17 Mei 2022 Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman mengadakan  Pelatihan Masyarakat Tanggapan bertempat di  Balai Kalurahan   Margorejo Kapanewon  Tempel.

Dalam Sambutan lurah desa Margorejo   Abdul Azis Muh Ridwan berharap agar “ semoga acara dapat berlangsung dengan lancarmeminta  usulan dari BPBD untuk kemajuan  Destana Margorejo”.

Dalam kali ini peserta  pelatihan meliputi anggota TRC ( Team Rekasi Cepat ) Destana Margorejo, Linmas dan Paksikaton dan segenap perangkat yang Kalurahan yang berkecimpung dalam dunia tangguh bencana.

Hadir dalam kesempatan itu Komisi A DPRD DIY  H Sudaryanto yang menyampaikan materi mengenai penanggulangan Bencana untuk Destana Margorejo, dalam acara ini narasumber dari BPBD DIY Enaryako, S Kep.Nes.MM dan BDPD Sleman Haenry Darmawijaya, SH.MPd  .

Destana   Margorejo Tempel sendiri telah dikukuhan  pada  Maret 2021. Adapun inti dari Penyelenggaraan penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang berisiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, dan rehabilitasi.

berdasarkan Peraturan Kepala BNPB nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/ Kelurahan Tangguh Bencana  salah satu tujuan pembentukan Desa Tangguh bencana adalah meningkatkan kerjasama antara para pemangku kepentingan dalam Pengurangan Resiko Bencana, pihak pemerintah daerah, sektor swasta, perguruan tinggi, LSM, organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli. Desa tangguh bencana berperan strategis bagi   masyarakat di daerah rawan bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat.

Tinggalkan Balasan