• Sen. Mar 4th, 2024

Penguatan Peran Organisasi kemasyarakatan dalam Menanggulangi Kerawanan Sosial.

Selasa 17 Mei 2022 bertempat di Arjuna Hotel Jl. Mangkubumi Yogyakarta berlangsung agenda  Soaialisasi Organisasi Kemasyarakatan dengan tema  “Penguatan Peran Organisasi kemasyarakatan dalam Menanggulangi Kerawanan Sosial.”

 Sosilalisasi ini meruapakan kerjasama LCKI ( Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia ) Yogyakarta dengan fasilitasi dari Kesbangpol DIY.

Dalam Pembukaan dan Keynote Speaker Dewo Isnu broto Kusumo santosso, SH dari Kepala Badan Kesbangpol daerah Istimewa Yogyakarta  berharap “ ormas bisa ikut berperan dalam menjaga kerawanan sosial ketentraman kedamaian masyarakat sebagai salah satu perwujudan bela negara, mengingat Jogjakarta sebagai daerah istimewa dengan berbagai suku bangsa ras dan banyaknya destinasi wisata dan juga sebagai kota pelajar  dan pusat budaya”.

Sesi berikutnya menghadirkan Erik Hadi Saputra, S.Kom., M. Eng. Seorang Dosen AMIKOM Yogyakarta sekaligus Motivator/Trainer yang dalam paparannyamenyampaikan beberapa prinsip dalam materi   Motivasi bela Negara  dalam Menanggulangi Kerawanan  Sosial  .  “ Prinsipnya adalah kita harus SIAP 100%. “S”nya yaitu Sepenuh Hati, atau bekerja harus dengan sepenuh hati, kemudian “I”nya adalah Ikhlas, atau ada keinginan untuk melakukan lebih dari pada yang diminta,  “A”nya yaitu Amanah dan “P”nya adalah Pantang Menyerah.”.Pemateri kedua  DR. Sigit Handoko, SH, MH,  dari Universitas PGRI Yogyakarta dengan materi “ Nilai Pancasila dalam Sikap Toleransi Bagi Keutuhan NKRI “.  Toleransi merupakan sikap saling mengahargai dan menghormati mengenai pemikiran orang lain yang berbeda dengan kita ,. Toleransi mengajarkan kita untuk saling menolong tanpa memandang status atau asal usul orang lain yang berbeda dengan kita. Hal tersebut sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 Sementara Ir H Rohman Agus Sukamta ketua lembaga Cegah Kejahatan Indonesia mantan pimpinan DPRD Sleman  menampilkan materi  “Organisasi Kemasyarakatan dalam menanggulangi kerawanan Sosial “.  Dalam paparannya mengemula bahwa kerawanan sosial berpotensi menjadi   ancaman terhadap keamanan apalagi ditengah kondisi masyarakat yang rentan  dan masalah ekonomi yang terdampak seperti pandemi Covid19.  Rohman Agus Sukamto menambahkan bahwa peran LCKI ini bergerak dalam bidang pencegahan segala kejahatan yang ada di tengah masyarakat karena tugas untuk mencegah terjadinya kejahatan bukan hanya kewajiban Polisi semata , namun menjadi tanggungjawab bersama.

 Perwakilan Ormas yang hadir meliputi ; LCKI, FKPPI, HIPAKAD, KPB3, BNN, Kawulo Mataram, KPJI, KOKAM, NA, Banser, Muslimat, Pareanom. Pramuka PKIJ, KPAI, Konco Saklawase dan sejumlah tokoh masyarakat yang mengikuti kegiatan dengan aktif sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian terhadap berbagai permasalahan kerawanan social yang ada di masyarakat.

2 thoughts on “Penguatan Peran Organisasi kemasyarakatan dalam Menanggulangi Kerawanan Sosial.”

Tinggalkan Balasan