• Sen. Mar 4th, 2024

Nur Hidayat Wakil Ketua Komisi B DPRD Sleman, Momentum 106 Tahun, Saatnya Warga Sleman Gumregah  

Semangat   tema peringatan hari jadi tahun  Seman 106 “ Sesarengan Mbangun Sleman, Sleman Gumregah. “adalah momentum kita bersama bangkit kembali dan gumregah seluruh warga Sleman .

Hal ini mengemuka dalam paparannya  Nur Hidayat selaku dewan dari Dapil Kalasan, Prambanan , Ngemplak dan wakil ketua Komisi B DPRD Sleman ini  menyampaikan Materi  tentang APBD Sleman 2022 di Agenda Forkopimka ( Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon ) Prambanan  digelar pada Kamis 19 Mei 2022 dengan mengambil tempat di kantor Kapanewon setempat.

Nur Hidayat menandaskan bahwa  “ PAD Sleman naik 2022 mengalami kenaikan hal ini adalah salah satu indicator bahwa ekonomi mulai pulih bergerak saat ini, salah satu sisinya adalah kita harus membangkitkan roda perekonomian usaha kecil menengah (UKM) setelah beberapa waktu lalu terdampak karena pandemi Covid-19 dan perlunya pendampingan terhadap UKM di Kabupaten Sleman sebagai upaya memajukan dan meningkatkan ekonomi dikalangan pelaku UKM khususnya di Prambanan.”.

Hadir segenap anggota Forkopimka Pramban, Panewu Prambanan Ishadi Zayid SH, Kapolsek , Danramil, Lurah setempat beserta jajaran serta dari Dewan sleman hadir Nur Hidayat dan Ngadiman Spd.

Kapanewon Prambanan memiliki 6 kelurahan yakni Kelurahan Bokoharjo terdiri dari 13 padukuhan, Kelurahan Gayamharjo 7 padukuhan, Kelurahan Madurejo 16 padukuhan, Kelurahan Sambirejo 8 padukuhan, Kelurahan Sumberharjo 18 padukuhan, dan Kelurahan Wukirharjo ada 6 padukuhan.

Salah satu rintisan program  di Prambanan adalah pengembangan pengelolaan pariwisata berbasis kelurahan sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kata Panewu (Camat) Prambanan, Ishadi Zayid dan ini bisa dilihat dengan potensi wisata Tebing Breksi ini, masyarakat ikut andil mengelola menjadikan Tebing Breksi ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan.  Potensi lain bisa digarap dengan pendekatan semacam,  

Prambanan juga memberikan kontribusi besar untuk bangkitnya perekonomian Sleman, ini bisa dilihat dari data Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko masih menjadi magnet utama penarik kunjungan wisatawan di destinasi wisata budaya di Kabupatens Sleman. Setidaknya tercatat sebanyak 7.000 sampai dengan 20.000-an kunjungan di kedua destinasi tersebut pada musim libur kali ini. Kunjungan di kedua candi terserbut mengambil porsi sampai dengan 50% dari kunjungan wisatawan di destinasi budaya di Kabupaten Sleman. Kunjungan ke Candi Ijo dan Candi Sambisari juga menunjukkan kenaikan sampai dengan 20%  dibandingkan kunjungan pada hari-hari biasa.

peringatan hari jadi Sleman 106 tahun hendaknya merupakan momen bagi aparat pemerintah dan seluruh masyarakat untuk merefleksi dan mengevaluasi berbagai capaian yang diraih kabupaten Sleman untuk bersama-sama gumregah, atau bangkit dan bersemangat untuk membangun Sleman menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan