• Sel. Feb 20th, 2024

Syawalan Ustadz ustadzah TPA se- Kapanewon Turi, “Kembalikan kegembiraan para Santri pengajaran membaca Al Qur’an”

TPA ( Taman Pendidikan Al Qur’an ) sebagai lembaga atau kelompok masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan nonformal jenis keagamaan Islam yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar dinul Islam pada anak usia taman kanak-kanak, sekolah maupun dewasa guna menciptakan generasi Qur’ani dalam setiap tarikan nafas kehidupan. 

Dengan semangat Syawal 1443 kali ini Badko TPA Rayon Turi mengadakan agenda “ Syawalan Ustadz ustadzah se Kapanewon Turi” dengan mengambil lokasi kegiatan di Joglo Balai Budaya Girikerto  pada Kamis  pagi 24 Syawal 1443 H / 26 Mei 2022, pada kesempatan itu hadir sekitar 135 Ustadz/Ustadzah dari sekitar 45 unit TPA di Turi yang dengan penuh semangat dan antusias menjalin kembali silaturahmi secara langsung setelah pandemi.

Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan menyanyikan Indonesia Raya, mars TPA  oleh semua peserta,  kemudian dikumandangkan  murotral Alquran surat Al mukminun 1-11 dengan irama Rost yang  dipandu ustadz yunior  M.Iqbal Ridho yang mengalun syahdu di tengah indahnya suasana alam pedesaan di lembah Merapi nan asri .

Ustadz Bahari  Anjar Wahyudi selaku ketua umum BADKO TKA -TPA Kapanewon Turi dalam sambutannya mengatakan , “ mari kita kembali menggembirakan para santri kita dengan menggiatkan lagi unit TPA dengan segera diikuti kegiatan bersifat masal, baik itu untuk ustadz TPA ataupun santri TPA yang telah lama merindu dalam bingkai kegiatan pengajaran Al Qur’an”.

BADKO  Daerah Kabupaten Sleman yang diwakili ustadz Indarto menyampaikan bahwa “ agenda kegiatan tingkat kabupaten terkait kepengurusan serta target segera membangun gedung dakwah TPA untuk menunjang maraknya kegiatan Badko TPA se Sleman .

Sementara dalam tausiyahnya ustadz Widodo SAg, MSI menyampaikan “ agar makna syawal yakni  peningkatan bisa kita wujudkan dengan mengoptimalkan dakwah melalui pengajaran Al Qur’an, hal ini adalah wujud menjaga generasi dengan membentuk akhlakul karimah, sehingga terhindar dari perilaku buruk, semisal klithih”.  Disamping itu dengan wadah TPA adalah merupakan ladang amal jariyah bagi ustadz/ah   yakni dengan memberikan ilmu yang bermanfaat  untuk para santri .

Pada Acara ini juga dilakukan pembinaan ketua umum BADKO Daerah Kabupaten  Sleman, setelah menghadiri acara yang sama di Kapanewon Gamping dan Sleman untuk memompa kembali semangat para penggiat TPA.

Diakhir acara Doa disampaikan oleh ustadz M. Purnomo Ketua 1 Badko Rayon Turi.

Selanjutnya untuk menghangatkan suasana diisi juga dengan hiburan, pembagian puluhan doorprice serta ramah tamah oleh para peserta.

5 thoughts on “Syawalan Ustadz ustadzah TPA se- Kapanewon Turi, “Kembalikan kegembiraan para Santri pengajaran membaca Al Qur’an””

Tinggalkan Balasan