• Sel. Feb 20th, 2024

Brotoseno Ketua SAR DIY Tegaskan  “Jiwa Relawan Adalah Komitmen dan Setia Untuk Kemanusiaan”

Lapangan Boyong Hargobinangun Pakem, Sleman Sabtu  28 Mei 2022 terasa nampak berbeda dikarenakan hadirnya ribuan keluarga besar SAR DIY dengan atribut khasnya menghelat acara syawalan yang kembali terlaksana pasca 2 tahun tertunda dikarenakan pandemi Covid 19. SAR DIY sebagai suatu lembaga di Daerah Istimewa Yogyakarta diatur berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 44/TIM/2013 Tentang Pembentukan TIM Search And Rescue Daerah Istimewa Yogyakarta tertanggal 13 Juni 2013.

Syawalan bersama SAR DIY tahun ini dihadiri lebih dari seribu anggota yang terdiri dari SAR DIY Distrik Bantul, SAR DIY Distrik Gunungkidul, SAR DIY Distrik Kulonprogo, SAR DIY Unit Hargobinangun, SAR DIY Unit Wonokerto, SAR DIY Unit Cangkringan, SAR Kaliurang dan seluruh Disaster Respon Unit (DRU) SAR DIY dari ratusan komunitas relawan yang tergabung di SAR DIY serta hadir juga Dewo PLO .

Pengabdian SAR DIY untuk DIY tidak perlu diragukan lagi. Ambillah contoh pada tahun 2006 sewaktu gempa Yogya dengan kekuatan 6.2 Skala Richter, erupsi Gunung Merapi tahun 2010, penanggulangan bencana banjir, pencarian orang hilang di gunung, sungai dan laut, bahkan pengambilan korban pendaki jatuh di kawah Gunung Merapi, SAR DIY selalu turut hadir dan menyelesaikan misi tersebut dengan baik.

Ikrar syawalan dipimipin oleh Yoga Laksmana Jati, pengurus SAR DIY yang juga Jogoboyo Kalurahan Triharjo Sleman diikuti oleh segenap yang hadir dalam acara syawalan  dan doa dibawakan oleh Mbah Asih Suraksohargo Asihono juru kunci Merapi sebagaimana disampaikan Triyanto salah satu panitia acara kepada Buletinsleman.Com disela-sela acara .

Komandan SAR DIY  Brotoseno yang akrab disapa dengan Ndan BS ini dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir dalam acara ini. Semenjak BPPTKG mengeluarkan keputusan menaikan status aktivitas Merapi dari level II (waspada) menjadi level III (Siaga) tanggal 05 November 2020 yang lalu, SAR DIY lalu merespon dengan menjadwalkan piket di Pos Lapangan Kesiapsiagaan Merapi.

“Setiap harinya ada lebih dari 100 personil yang terdiri dari 120 regu piket. Apresiasi saya sampaikan kepada temen-temen SAR DIY yang telah setia untuk kemanusiaan meskipun harus meninggalkan keluarga sejenak demi komitmen tugas yang diberikan,” katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur DIY KGPAA Sri Paku Alam X yang hadir dalam acara syawalan bersama SAR DIY mengucapkan terima kasih kepada segenap keluarga besar SAR DIY yang telah banyak membantu Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal kemanusiaan.

Tinggalkan Balasan