• Sel. Feb 20th, 2024

Manfaatkan lahan tidur tidak produktif KWT Kartini Kalongan  2015 mendapatkan pelatihan pengolahan pohon pisang dari program CSR Pertamina dan kemudian di 2016 mereka sudah bisa mulai mengolah pohon pisang dari batang hingga buahnya sehingga bisa menghasilkan aneka produk olahan pisang yang punya nilai ekonomi tinggi dan dipasarkan secara luas di masyarakat yang bisa menambah tambahan penghasilan untuk anggotanya.

Keberhasilan KWT Kartini dalam upaya peningkatan perekonomian anggota ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak antara lain dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY yang merupakan aspirasi anggota DPRD DIY Sadar Narima untuk Sosialisasi Budidaya Kelapa Genjah Kopyor.

Ketua KWT Kartini, Diana Listanti mengungkapkan apresiasi kepada Dinas atas sosialisasi untuk  32 orang anggota nya yang berlangsung pada Selasa 31 Mei di Kalongan Depok , acara berlangsung dengan mendapatkan perhatian sangat antusias dan semangat dalam mengikuti sosialisasi dengan harapan menjadi upaya lain untuk meningkatkan perekonomian anggota dengan budidaya kelapa genjah kopyor ini.

Dalam paparannya Suharyanta dan Ari indriyani dari Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan menyampaikan beberapa keunggulan populasi kelapa kopyor asal Pati tersebut adalah cepat berbuah (3-4 tahun) sehingga dikategorikan sebagai kelapa kopyor Genjah dan  persentase menghasilkan buah kopyor pertandan yang tinggi mencapai 50%.  “ Tanaman ini telah dibudidayakan lebih dari 50 tahun yang lalu, dan telah didaftarkan di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PPVT) sebagai calon  varietas unggul lokal pada tahun 2007, sehingga berpotensi dilepas sebagai populasi  unggul lokal. Selain itu kelapa genjah merupakan jenis tanaman yang pendek dan berbuah lebat memudahkan petani dalam proses pemanenan” .

Budidaya dengan jarak tanam 6 meter akan menghasilkan persentase kegagalan atau mati 0%. Buah kelapa genjah kopyor di pasaran dijual dari harga Rp. 25.000,00 hingga Rp. 50.000,00. Risiko tertinggi berada di titik kritis pengangkutan, cuaca dan pembuatan lubang tanam. Tanam perkiraan November-Desember dimana curah hujan memenuhi persyaratan penanaman kelapa genjah dikutip dari laman resmi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY.

Reportase Harjito S

Editor Arief Hartanto

5 thoughts on “KWT Kartini Kalongan  Antusias Ikuti Budidaya Kelapa Genjah Kopyor”
  1. Luar biasa …. sesuai dengan Mars KWT. Kartini Kalongan “Terus belajar dan berkarya tak mengenal lelah”. Semoga bermanfaat bagi masyarakat Kalongan dan sekitarnya . Semangat terus … jangan pernah kendor untuk mencapai cita cita KWT. Kartini Kalongan …

Tinggalkan Balasan