• Ming. Jul 14th, 2024

Pelestarian budaya Jawa di Sleman Barat semakin mendapatkan wadah, salah satunya adalah dengan peresmian Joglo  Secowijayan yang digagas oleh Arif Kurniawan S.Ag dan keluarga pada  Jumat, 27 Mei 2022 di Botokan Sendangrejo  Minggir.

Acara dihadiri oleh Bupati Sleman, Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si, Panewu Minggir, Kapolsek Minggir serta warga setempat yang membanjiri area Joglo Secowijayan.

Drs. H. Sri Purnomo, M.Si dalam tausiah sesi pengajian menyampaikan “ salah satu ciri orang bertaqwa, menjalankan ibadah puasa dan memberikan maaf bagi sesame”. Beliau juga tidak lupa mengingatkan agar warga masyarakat melakukan vaksin booster, mengikuti himbauan pemerintah dalam menangani pandemic Covid 19.

Peresmian Joglo Secowijayan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Dra.Hj. Kustini, dalam Pesannya Kustini berharap ” dengan adanya joglo aspirasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi warga sekitar terutama wilayah Bothokan”..

Arif Kurniawan pemrakarsa pembangunan joglo yang juga Wakil ketua DPRD Sleman ini mengungkapkan kesyukurannya “ Alhamdulillahirabbil’alamin, Joglo Secowijayan sudah diresmikan Bupati Sleman pada hari Jum’at 27 Mei 2022 pukul 22.15 WIB, mohon do’anya semoga Joglo Secowijayan bisa menjadi jembatan menampung aspirasi masyarakat dan bisa bermanfaat untuk kegiatan masyarakat” tuturnya kepada Buletinsleman.Com disela-sela acara.

Kemudian pada Senin, 30 Mei 2022 ditempat yang sama digelar kegiatan   Wisudan Panatacara AKC  angkatan II dengan 40 orang peserta.  Acara dihadiri Kadis Kebudayaan Kab Sleman, Edy Winarya, S.Sn,.M.Si, Lurah Se-kapanewon Minggir, Panewu Minggir, Paguyuban Panatacara Yogyakarta serta warga setempat.

Sebanyak 40 orang lebih wisudan panatacara angkatan 2 diberikan sertifikat dan pengalungan Samir oleh Arif Kurniawan, S.Ag,. M.H. serta dikukuhkan oleh Kadis Kebudayaan Kab Sleman.

Dalam sesi sarasehan, sebagai moderator Dalijo angkring, Sugiman DN serta menghadirkan seniman kondang yang berkecimpung di dunia seni, terlebih seni pertunjukan ketoprak, yaitu Angger Sukisno.

Tinggalkan Balasan