• Sel. Feb 20th, 2024

Juru Sembelih Halal Indonesia Kabupaten Sleman adakan Silaturahmi Anggota

Byadmin

Jun 6, 2022

Menjelang  pelaksanaan Hari Raya Qurban  perlunya mempersiapkan diri dan menyamakan persepsi tentang pelaksanaan qurban yang sesuai dituntunkan oleh syariat Islam .  Kesadaran ini melahirkan apa yang disebut  dengan Juru Sembelih Halal Indonesia (JULEHA) Kabupaten Sleman yang mengadakan  kegiatan Silaturahmi Anggota di Rumah Dinas Bupati Sleman pada Ahad, 5 Juni 2022.

Juleha Jogja  dan cabangnya di Sleman adalah lembaga dakwah yang mengupayakan pendampingan pada masyarakat agar berpola hidup halal dan lembaga ini juga fokus agar menjadi mitra yang amanah bagi para pemangku kepentingan produk sembelihan halal dengan  memberikan edukasi berkaidah islami bagi Juru Sembelih Halal adalah agar kompeten, berdedikasi, dan berlaku ihsan.  “Salah satu program berkelanjutannya, Juleha Jogja terus berupaya menyediakan fasilitas pelatihan penyembelihan halal yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH)” sebagaimana dituturkan ketua Juleha Kabupaten Sleman Ustadz Didik Riyanta.

Juleha Yogyakarta adalah perkumpulan Juru Sembelih Halal berbasis kompetensi yang mensyi’arkan penyembelihan sesuai syariat dan kampanye produk makanan halal di masyarakat sesuai SK Kemenkuham No.AHU-000118.AH.01.07.2019 mempunyai visi untuk mewujudkan juru sembelih halal yang mandiri, tangguh, terampil, berakhlak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pelaksanaan Qurban sebagai ibadah wajib dan harus menerapkan persyaratan Syariat Islam dalam penyembelihan, yang salah satu poinnya yaitu jika melakukan proses penyembelihan, sembelihlah dengan baik, tajamkan pisau, dan jangan membuat hewan sembelihan itu menderita. Dalam kesempatan itu muncul data yang menunjukkan besarnya kebutuhan sapi di Kabupaten Sleman setiap Idul Adha yakni sekitar 8.000. ekor.

Dalam kegiatan silaturahmi ini Drs. H. Sri Purnomo, M.Si  selaku penasehat  Juleha Sleman menyampaikan  “ mengingat munculnya kembali PMK / Penyakit Mulut dan Kuku di Indonesia khususnya di Kabupaten Sleman tentunya menjadi hal yang penting untuk mengetahui pencegahan maupun penanganannya  terutama untuk para penyelenggara dalam melakukan persiapan penyembelihan qurban Idul Adha “.

Selain ajang silaturahmi pada kala itu juga dilakukan pembentukan pengurus Juleha tingkat kapanewon untuk semakin memperluas sosialisasi tentang Juleha ke seluruh pelosok Sleman.

Hadir juga  di kesempatan tersebut  Ketua Juleha DIY, Dinas Pertanian Sleman, MUI, Basnaz Sleman.

Reporter  Eko S

Editor  Arief H

Tinggalkan Balasan