• Sel. Feb 20th, 2024

Hybrid Virtual Run (HVR)Dorong kebangkitan Sleman

Byadmin

Jun 15, 2022

Peran serta seluruh masyarakat sangat dibutuhkan dalam upaya mensukseskan pembangunan termasuk membangun kembali Kabupaten Sleman agar bersemangat dan bangkit kembali pasca pandemi.

Dalam upaya mengambil peran mensukseskan kegiatan tersebut, komunitas Pecinta Sleman Sejati (PSS) berupaya untuk turut serta mendorong kebangkitan Sleman dengan menyelenggarakan Hybrid Virtual Run (HVR) serta lomba promosi digitalisasi pariwisata.

Imam Bijak Wani, Ketua Pelaksana mengatakan bahwa konsep HVR ini menggabungkan antara lari virtual yang dapat dilakukan di mana saja dengan lari bersama yang dilakukan dalam satu tempat dan satu waktu.

“Penggabungan lari virtual dan lari bersama ditujukan untuk menjangkau lebih banyak peserta untuk berpartisipasi dalam even tersebut,” ujarnya di Sleman, Selasa (14/6/2022).

Pendaftaran dibuka mulai 12 Juni sampai 20 Juli 2022, sedangkan periode lari dimulai pada 12 Juni sampai 21 Juli 2022, opening mini fun run tanggal 10 Juli 2022 dan closing event tanggal 24 Juli 2022.

Untuk mengikuti Hybrid Virtual Run peserta dapat mendaftar ke https://sportstrip.link. Caranya, pastikan memiliki email aktif, download aplikasi Strava lalu masuk ke https://sportstrip.link. Jika belum memiliki akun, maka setiap peserta membuat akun pada link https://sportstrip.link dan melakukan verifikasi pada email yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah email berhasil diverifikasi, login pada menu registrasi. Jika sudah memiliki akun pada sportstrip sebelumnya peserta dapat langsung login.

Setelah login, pastikan akun strava pada menu profil yang sudah terhubung dengan sportstrip dengan cara klik menu profil lalu klik connect to strava dan klik authorize. Setelah berhasil, pilih event.

Adapun mengenai lomba promosi digitalisasi UMKM, Pecinta Sleman Sejati juga ingin mendorong pelaku UMKM untuk kembali bangkit dan melakukan digitalisasi usaha yaitu mengubah pengelolaan bisnisnya dari praktik konvensional ke modern dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan operasional UMKM melalui lomba penulisan promosi UMKM yang berbasis digital, sebagaimana dilansir dari media Center Sleman.

Prof. Suhono, seorang putra asli Sleman yang sekarang aktif sebagai Dosen ITB
dan meraih gelar doktor di Jepang menjelaskan bahwa lomba promosi digitalisasi UMKM dan periwisata bertujuan untuk mendapatkan data tentang UMKM, yang berisi foto, narasi, serta pengaplikasian digital dalam usaha baik penggunaan FB, IG, website, ataupun media digital yang lain seperti email, blog, ataupun homepage.

Kedua, mendorong pelaku usaha untuk melakukan digitalisasi usaha agar jaringan pasar semakin luas, mampu merespon perubahan gaya hidup, mempermudah transaksi, meningkatkan pendapatan serta mendorong perkembangan UMKM di Kabupaten Sleman.

Cara mengikuti lomba, peserta lomba mengirimkan foto dan artikel UMKM atau pariwisata berbasis digital minimal 3 lembar yang dikirimkan ke FB dan Instagram dengan men tag akun IG “slemanbangkit.id” dan FB “Sleman Bangkit”.

Penilaian akan dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk oleh panitia untuk mendapatkan juara 1, 2, dan 3. Sedangkan 100 data terbaik yang masuk akan mendapatkan hadiah hiburan masing-masing artikel sebesar seratus ribu rupiah.

Kriteria penilaian meliputi teknik penulisan dan kemampuan menggali materi tentang usaha yang inovatif, inspiratif, dan mengaplikasikan teknologi digital.

Lomba dilaksanakan pada mulai 11 Juni 2022 dan ditutup tanggal 30 September 2022. Pemenang diumumkan tanggal 10 Oktober 2022 melalui FB, IG, dan web.

Tinggalkan Balasan