• Ming. Jul 14th, 2024

Laporan Jamaah Haji Mandiri Sembada dari Makkah Mukarommah

Byadmin

Jul 11, 2022

Setelah tertunda dikarenakan pandemi, Alhamdulilah tahun ini kerinduan para calon haji bisa terbayar.  Mereka datang memenuhi panggilan Allah untuk beribadah haji di 1443 H kali ini.

Hal ini Nampak betapa semangat dari Jamaah Haji Mandiri Sembada.Kloter 18 SOC Rombongan 3 Sleman “ Alhamdulillah, Allah telah memudahkan kami dan telah selesai melaksanakan tahapan Wajib dan rukun Haji dan tetap dalam kondisi yang sehat”, sebagaimana disampaikan Anas Makruf kepada Arief Hartanto pada Senin 11 Juli 2022.

Kloter ini berangkat 16 Juni 2022 dari Embarkasi Solo dan tiba  di Bandara Prince Of Salman Madinah. Jumat Tanggal 17 Juni 2022  jam 00.30 Waktu setempat. Paginya Sholat Subuh dan selanjutnya  Sholat Arbain 40 waktu dan melakukan kegiatan Doa  di Roudhoh,  Ziarah makam Rosullulloh dan Makam Baqi dan lanjut City Tour.

Selanjutnya 25 Juni dengan memakai kain ikhrom menuju Mekah Al Mukaromah serta mampir Bir Ali untuk ambil Miqot dan lanjutmasuk hotel Kiswah di Jarwal.  Setelah istirahat dan beres-beres koper  kemudiam melakukan Umroh Wajibserta Sholat Maghrib dan Isyak di Masjidil Harom.

28 Juni agenda city tour, istirahat di Tan Inn dilanjut sholat Sunat di Masjid Aisyah untuk ambil Miqot dan selanjutnya melaksanakan Umroh Sunah dilanjutkan Sholat wajib di Masjidil Harom. Rutinitas Sholat wajib dengan jarak perjalanan dari Hotel ke Masjidil Harom kurang lebih 1.5 Km yang dapat dilakukan dengan naik Bus ( 24 jam ) atau ditempuh dengan jalan kaki kurang lebih 15 Menit.

Kamis Tanggal 7 Dhulhijah dengan memakai Ikhrom menuju Arofah dengan Bus dan bermalam di tendawukuf  dilaksanakan Jumat dengan khotbah Wukuf oleh Ust.Jamroni ( Dosen UII ).

Selesai Wukuf dilanjutkan menuju Musdhalifah untuk Mabit selanjutnya menuju ke Mina, masuk tenda  untuk persiapan lempar Jumroh.Aqobah dengan mengambil nafar Awal ( Waktu Dhuha ) dan Alhamdullillah berjalan lancar tambah Anas.

Hari berikutnya  11 dan 12 Dhulhijah dengan mengambil Nafar Awal lempar Jumroh Ula,Wustha dan Aqobah dan alhamdullillah semua terlaksana dengan lancer dan selanjutnya bersiap menuju Mekah untuk melaksanakan Towaf Ifadhoh dan seluruh anggota Jamaah dalam kondisi sehat.

Demikian dilaporkan oleh Anas Makruf anggota Rombongan Mandiri Sembada dari Mina tanggal 12 Dhulhijah 1443 H.

Tinggalkan Balasan