• Sen. Mar 4th, 2024

Arif Kurniawan Wakil Pimpinan DPRD Sleman, Generasi Muda Generasi Emas Dalam Bonus Demografi.

Byadmin

Jul 12, 2022

Masa depan Indonesia yang diimpikan sejak lama dan tengah dalam perjalanan untuk segera diwujudkan.  Indonesia Emas 2045 adalah suatu upaya dalam membangun generasi emas yang merupakan sebuah konsep penerapan untuk menyiapkan suatu generasi penerus bangsa Indonesia pada 100 tahun emas Indonesia Merdeka antara tahun 1945 sampai tahun 2045.

Motivasi dan pemikiran yang inovatif dari para generasi muda Indonesia untuk turut berperan aktif dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045 adalah bekal untuk menyambut impian tersebut.

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  Prof .Dr. Lantip Diat Prasojo, S.T.,M. pada Selasa, 12 Juli 2022 bertempat Gedung ISDB Fakultas Ilmu Sosial UNY dan Zoom Meeting.  

Ketua Pelaksana Andrean Hartanto menandaskan hal ini yang mendasari “Lomba Essay Nasional DPM KM UNY 2022” yang bertemakan “Peran Legislator Muda Guna Menyiapkan Generasi Emas Tahun 2045” yang bertujuan antara lain memberikan wadah bagi para generasi muda yang akan menjadi generasi emas
bangsa ini untuk menuangkan pemikiran mereka dalam menyikapi isu yang akan hadir kedepannya.  

Ketua DPM KM UNY  Yahya Yusron Naufal Mengajak seluruh generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam mengkritisi hal-hal yang kurang maupun belum terlaksana dalam sistem pemerintahan di negara ini terutama menyikapi isu bonus demografi.

Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Tangguh, Adaptif, dan Kontributif untuk Menghadapi Bonus Demografi dalam Mempersiapkan Generasi Emas 2045” ,  dikemas  seminar dengan konsep pemaparan materi oleh narasumber yaitu Arif Kurniawan, S.Ag., M.H, Wakil Ketua I DPRD Kab. Sleman Periode 2019-2024 dipandu oleh moderator Afgan Ramadhan .

Arif Kurniawan dalam kesempatan itu menyampaikan “ pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan, artinya bahwa pemuda memiliki peranan untuk menjadi faktor terpenting dari kemajuan bangsa itu sendiri, baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris kekayaan bangsanya.”

4 pilar pencapaian tujuan menurut Kementerian PPN/Bappenas terdiri  dari Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, serta
Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

Generasi Emas 2045 Generasi yang mampu bersaing secara global dengan bermodalkan kecerdasan yang komprehensif antara lain produktif, inovatif, damai dalam interaksi sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan berperadaban unggul.

Reportase Arief Hartanto

Tinggalkan Balasan