• Sen. Mar 4th, 2024

Gelar Budaya Pondok Suruh, Bimomartani, Ngemplak

Byadmin

Jul 18, 2022

Upaya mengangkat dan melestarikan budaya lokal dan memajukan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kalurahan Bimomartani selenggarakan kegiatan Gelar budaya di Pondok Suruh, Bimomartani, Ngemplak, pada hari Minggu (17/7/2022). Penyelenggaraan Gelar Budaya ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.

Lurah Bimomartani, Tutik Wahyuningsih menjelaskan bahwa Kalurahan Bomartani merupakan salah satu wilayah yang memiliki sejumlah potensi budaya yang perlu dikembangkan.

“Terdapat banyak potensi budaya kesenian yang ada di Bimomartani seperti karawitan, ketoprak, dalang cilik dan potensi budaya lainnya. Maka dari itu gelar budaya ini merupakan salah satu upaya dalam memberikan sarana pelestarian budaya di Kalurahan Bimomartani,” jelasnya. Sebagaimana dilandir dari Infopublik.id

Gelar budaya ini juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah seni tari yang melibatkan beberapa kelompok tari di wilayah Bimomartani. Selain seni tari, kegiatan ini juga melibatkan 12 UMKM dari beberapa Dusun di Kalurahan Bimomartani.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap penyelenggaraan gelar budaya yang diinisiasi oleh Kalurahan Bimomartani.

Menurut Kustini, kegiatan gelar budaya merupakan sarana dalam melestarikan dan juga memperkenalkan potensi budaya yang dimiliki daerah. Menurutnya upaya dalam melestarikan potensi budaya perlu dilakukan bersama – sama dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

“Potensi budaya yang dimiliki Kabupaten Sleman sangat beragam. Perlu upaya bersama dalam melestarikannya. Maka dari itu saya sangat bangga dan mendukung adanya gelar budaya ini agar budaya kita dapat dikenal lebih luas dan juga akan timbul rasa memiliki terhadap seni budaya sehingga akan dilestarikan bersama-sama,” jelasnya.

Selain itu, Kustini juga mengapresiasi adanya kolaborasi antara UMKM dan gelar budaya. Kolaborasi tersebut dinilai sebagai langkah yang baik dimana selain memperkenalkan seni budaya, kegiatan ini juga dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

“Adanya kolaborasi seni budaya dan umkm ini dapat menjadi sarana dalam mengembangkan UMKM dan perekonomian masyarakat sehingga perekonomian masyarakat juga akan semakin pulih paska pandemi,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, Kustini berkesempatan menyaksikan sejumlah tarian seni budaya dan juga berkesempatan mengunjungi sejumlah stand UMKM yang berada di wilayah Kalurahan Bimomartani.

Tinggalkan Balasan