• Sel. Feb 20th, 2024

Simak!! Rangkaian Kegiatan Syiar Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah

Edutorium UMS #Muktamar48Muhammadiyah

Menjelang Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo tak terasa  tinggal 3 bulan lagi dihelat, pandemi covid-19 mengakibatkan Muktamar tertunda hingga 2,5 tahun  Insya Allah akan terlaksana tanggal 18-20 November 2022. Mengangkat Tema “Memajukan Indonesia Mencerahkan Semesta”. Berbagai  persiapan terus dimatangkan  dan mensyiarkan berbagai agenda dan kegiatan selama penyelenggaraan Muktamar terus dikoordinasikan Panitia Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 di Solo.

Menurut Wahyudi Nasution Ketua Seksi Syiar  Muktamar 48 yang bertugas mensyiarkan berbagai agenda Muktamar menegaskan “ sebagai tuan rumah, wajar kalau panitia kerja keras menyiapkan segala sesuatunya dengan maksimal agar Muktamar nanti sukses dan diperkirakan akan hadir tamu  dari seluruh penjuru Tanah Air dan Luar Negeri sekitar 3 juta orang Muktamirin, Penggembira, dan Tamu Undangan. Jutaan orang akan tumplek-blek ke Solo, dan semua tamu harus kita layani dengan sebaik-baiknya.”

Beberapa daerah mengabarkan akan hadir ribuan orang, semisal dari Sulawesi Selatan saja akan hadir 15.000 orang Penggembira  kapal PELNI yang akan dicarter dari Makassar-Surabaya PP, lalu berapa puluh bus akan dicarter dari Surabaya-Solo PP. Salah satu Cabang di Gresik akan hadir 15 bus,salah satu Ranting di Surabaya juga akan hadir 7 bus.  

Hampir seluruh hotel di Solo sudah  di booking, Gedung-gedung sekolah Muhammadiyah juga siap difungsikan sebagai penginapan bagi para Penggembira, Rumah-rumah warga juga siap menampung tamu.  

Setidaknya ada 6 kegiatan menarik untuk diikuti masyarakat, tambah Wahyudi diantara, Pertama, Apel Kesiapan yang akan kita adakan pada 24 September 2022. Acara ini untuk menunjukkan kesiapan seluruh Panitia, warga Muhammadiyah, dan Pemerintah Surakarta menyelenggarakan Muktamar dan menyambut tamu. Kedua  Tabligh Akbar bersama Ustadz Adi Hidayat pada 8 Oktober 2022 di Edutorium UMS dimana acara ini akan dihadiri ribuan jamaah dan dapat disaksikan secara daring dari seluruh penjuru dunia.  Ketiga “Gowes Virtual berupa Lomba gowes secara daring yang  bisa diikuti oleh penggemar gowes dari manapun, seluruh dunia, dan akan menjadi lomba gowes dengan peserta terbanyak, dimana peserta cukup bersepeda di daerahnya masing-masing dengan jarak tempuh 48 KM sesuai dengan Muktamar yang ke-48 dan waktunya bulan September-Oktober 2022, terserah mau ambil tanggal berapa yang penting peserta sudah terdaftar dan mengaktifkan STRAVA agar jarak tempuhnya bisa dimonitor Panitia dimana aplikasi ini agar Panitia bisa memonitor secara virtual jarak tempuh peserta  kelompok terdiri dari 5 orang anggota.

Selanjutnya Lomba Kreatif, Ada 4 jenis lomba: 1. Lomba Cover Lagu Themesong Muktamar, 2. Lomba bikin Desain Ucapan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48, 3. Festival Baca Al-Quran, dan 4. Lomba Dai Cilik dengan peserta  pelajar dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan Umum.

Kemudian “Muktamar Talk” bersama Mata Najwa dan Narasi TV dengan narasumber Ketum PP Muhammadiyah, Ketum PBNU, dan lain-lain, bertempat di Edutorium UMS tanggal 10 November 2022.”

Edutorium UMS #Muktamar48Muhammadiyah

Kegiatan Syiar yang terakhir adalah  Malam Mangayubagyo, tanggal 18 November malam di halaman parkir Edutorium UMS, dimana Ini adalah acara penyambutan Selamat Datang yang diselenggarakan oleh Panitia untuk para Musyawirin dan Penggembira. Acara ini akan dimeriahkan oleh Metronome Band dari Semarang, Orkes Keroncong Swara Bhaskara dari Solo, LETTO dari Yogyakarta, dan Tantri Kotak dari Jakarta.  Dalam acara ini juga akan dilakukan Penyerahan Anugerah Kebudayaan dari PP Muhammadiyah untuk 3 Maestro Keroncong Solo, yakni Pak Gesang (alm.), Bu Waldjinah, dan Didi Kempot (alm.). Ketiganya dipandang sebagai seniman musik asli Solo yang sudah berjasa besar bagi perkembangan musik keroncong di Tanah Air.

“Ya mumpung Muktamarnya di Solo, jadi sekalian aja Muhammadiyah memberikan penghargaan untuk seniman-seniman besar dari Solo. Nanti kalau Muktamarnya di kota lain juga bagus kalau bisa ada agenda yang sama, memberi penghargaan pada seniman setempat.” Tandas Wahyudi kepada  Arief Hartanto.

Selama Muktamar nanti akan diadakan Bazar UMKM dan Expo karya-karya inovatif dari Sekolah-Sekolah, Perguruan-Perguruan Tinggi, dan Lembaga-Lembaga Muhammadiyah bertempat di The Colomadoe . Bazar UMKM nanti akan diikuti 500an stand pelaku usaha yang menampilkan aneka produk,  seperti Pasar Rakyat  tentunya semua Muktamirin dan Penggembira tentu butuh oleh-oleh. Semoga semua peserta Bazar sukses menjual produknya.

Berbagai informasi  terkait Muktamar ke 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah bisa diakses di https://muktamar48.id

Tinggalkan Balasan