• Sel. Feb 20th, 2024

Semangat Muharram Tahun Baru 1444 H Momentum Menguatkan Keimanan, Persaudaraan dan Solidaritas

Byadmin

Jul 30, 2022

Turi, BuletinSleman.Com

Tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah yang dimulai pada 1 Muharram adalah hari penting bagi umat muslim di seluruh dunia.

Dalam rangka Peringatan 1 Muharram 1444H Takmir masjid At Taqwa Sidoharjo Kendal Bangunkerto Turi mengadakan anekaagenda untuk anak-anak dan juga jama’ah, kegiatan Lomba Islami dengan mengambil tema Selamat Datang Bulan Muharram ” Menguatkan Keimanan, Persaudaraan dan Solidaritas”.

Acara Tahun Baru 1 Muharram 1444 H kali bertepatan dengan Sabtu tanggal 30 Juli 2022 berbagai lomba seperti Lomba Wudhu . Lomba Sholat, Lomba Adzan, Hafalan Surat Pendek dan Hafalan doa sehari-hari dengan peserta putra putri warga  Sidoharjo dengan kategori  peserta kelompok kelas 1-3 SD serta Kelompok kelas 4-6 SD.

 Menurut Sutrisno didampingi Praetyo Dodik , panitia dan Pembina pengajian TPA di masjid tersebut menyatakan bahwa “ Pada bulan Muharram 1 Hijriah adalah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dan semangat itulah yang harus dikenalkan dan disemangati kepada anak-anak semenjak masih kecil,, untuk sadar pentingnya Tahun Baru Islam dan menggembirakan mereka salah satunya dengan berbagai lomba anak-anak “.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari takmir Masjid, Pengurus RT , Pemuda serta KKN yang secara bersama-sama menyukseskan acara yang berlangsung dengan penuh kegembiraaan ini.

Ketua Takmir M Hanafi juga berkata “Kegiatan ini menjadi ajang untuk syiar agama Islam agar Taman Pendidikan Al quran semakin berkembang,” .

Sementara itu menurut seorang Gunawan warga dan jama’ah yang menyaksikan putrinya berlomba menyatakan “ Kita awali tahun baru Islam 1444 H dengan mencetak generasi masjid At Taqwa Sidoharjo yang Sholeh dan sholihah, terkenang pada masanya dan,senang lihatnya,saya jadi kangen masa kanak-kanak yang setiap sore selalu berkejaran waktu agar segera bisa berangkat ke masjid untuk mengaji”.

Harapannya ke depan kegiatan ini membawa berdampak positif terhadap anak-anak TPA karena selain untuk mengasah kemampuan anak didik juga dapat menanamkan kepada anak didik tentang makna Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H dan dapat lebih semangat lagi dalam menimba ilmu agama, sebagai bekal mereka dewasa nanti dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan beragama.

Tinggalkan Balasan