• Sel. Feb 20th, 2024

Senam Lansia Kendal, Upaya tetap Bugar dan produktif di Usia Senja

Byadmin

Jul 31, 2022

Warga Lanjut usia ( Lansia) di padukuhan Kendal Bangunkerto Turi memperingati Ulang tahun kegiatan Senam lansia yang ke-4 pada Minggu 31 Juli 2022, acara ini ditandai dengan senam bersama dan dilanjutkan pemotongan Tumpeng yang dilakukan Lurah Desa Bangunkerto H. Anas Makruf disampingi Dukuh Kendal, RW dan RT setempat.

Kegiatan senam lansia sendiri sudah berlangsung sejak 2018 sebagaimana disampaikan Mei Lisayani coordinator kegiatan dan istri Dukuh Kendal ini , “ setelah selesai melaksanakan melakukan senam sejumlah 125 Lansia yang hadir pada kali itu selanjutnya  melakukan pemeriksaan kesehatan yakni berwujud pemeriksaan tanda vital (berat badan, tekanan darah, dan, nadi) guna mengetahui seberapa bugar kondisinya dan tetap terjaga yang dilaksanakan rutin setiap tri wulan”.

Senam lansia sendiri adalah kegiatan dan aktifitas fisik bagi lanjut usia terbukti bisa meningkatkan kesehatannya secara fisik maupun mental. Dengan  senam lansia sendiri berupa serangkaian gerak atau latihan fisik yang dilakukan oleh orang lanjut usia untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya dengan memiliki gerakan yang teratur, terarah, dan terencana, yang disesuaikan dengan berbagai kondisi fisiknya sebagaimana dilansir dari halosehat.com

Lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin melalui pembentukan dan pembinaan Kelompok Lansia . Hal ini menjadi sangat penting karena menjaga kesehatan sejak dini merupakan investasi yang berharga, sehingga pada saatnya nanti setiap individu mampu menjadi Lansia yang sehat, aktif, mandiri, dan produktif.

Pagi pada kali ini selain kegiatan rutin senam masal juga dilakukan penyuluhan kesehatan dengan menghadirkan pembicara dr Evy Anastasia dari RSA UGM yang membahas dan menyampaikan bagaimana agar lansia yang ada di dusun Kendal tetap sehat, beraktifitas sesuai kemampuannya. Tidak bisa dipungkiri usia merupakan faktor risiko yang signifikan pada hadirnya sebuah penyakit khususnya penyakit dalam pada Lansia, ini yang harus dikenali dan diupayakan untuk menanggulangi atau meminimalisir dampak.

Acara semakin semarak dengan makan  soto bersama serta pembagian doorprize salah satunya untuk lansia Pria tertua yang sehat diterimakan kepada bapak Nurkasri dari Sidoharjo Kendal.

Tinggalkan Balasan