• Sel. Feb 20th, 2024

Manajemen Komunikasi bencana Melalui Optimalisasi Web site

Byadmin

Agu 3, 2022


Sleman 2 Agustus 2022 di ruang rapat B BPBD Sleman digelar Focus Group Discussion (FGD) oleh BPBD Sleman yang berkolaborasi dan mengundang narasumber dari Fisipol – Jurusan Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta, BMKG Sleman. Dalam diskusi ini dipaparkan bagaimana kita bisa menyajikan konten website yang baik dan informatif kepada masyarakat yang bersifat edukatif dan dinamis. Konten hendaknya selalu diperbarui dan dinamis bukan sekedar menyampaikan berita tapi juga diharapkan bisa mengundang masyarakat untuk memberikan tanggapan (feed back).

Website diharapkan dapat dikelola dengan baik dan berkelanjutan, dikelola oleh tim dengan jobs description secara jelas. Dengan demikian akan mempermudah sistem kontrolnya, tim juga akan efektif pengelolaan sesuai prinsip website.

Masyarakat akan mencari informasi kebencanaan secara cepat dan instan, populis, menarik. Informasi kebecanaan tentunya juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat terkait misalnya bencana kekeringan, banjir, puting beliung, kebakaran, dan bencana erupsi gunung api Merapi, tentu hal ini perlu dikemas dengan lebih menarik. Harapannya dengan Fokus Group Discussion ini dapat menambah wawasan para kontributor SDIN. Update berita harian masih menjadi perkerjaan rumah bagi para kontributor dan pengelola web kebencanaan. Semoga informasi kebencanaan bisa selalu  update alam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Sebagaimana dilansir dari https://sdin.slemankab.go.id

Fokus Group Discussion (FGD) dilanjutkan dengan simulasi tentang manajemen komunikasi bencana melalui optimalisasi konten website BPBD Sleman. Kerjasama ini terselenggara berkat kerjasama UPN Veteran Yogyakarta yang dimotori oleh Dr.Puji Lestari,MSi Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi  yang sedang melakukan riset tentang komunikasi Bencana bersama anggota tim yang terdiri dari Dosen dan mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta.

Selain itu hadir Octo Lampito wartawan senior dari Kedaulatan Rakyat yang memberikan motivasi dan menambah keberanian dalam menuangkan berita yang bersifat informatif.. Melalui pendampingannya peserta merasa termotivasi dan didewasakan dalam menulis konten berita di media online. Penulisan di media online hendaknya dituliskan secara lugas,komunikatif, dan bisa mengundang publik untuk membacanya. Semoga lewat pencerahan dari Pak Octo Lampito penulisan di media online khususnya di Sleman Disaster Information Network (SDIN) BPBD Sleman semakin baik. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara UPN Veteran Yogyakarta yang dimotori oleh Dr. Puji Rahayu, MSi dosen Ilmu Komunikasi.

Tinggalkan Balasan