• Sel. Feb 20th, 2024

Keseruan AMM Prambanan Touring Study Banding ke Kaliangkrik Magelang

Byadmin

Agu 15, 2022

Ahad, 14 Agustus 2022 Sebanyak 35 personil Angkatan Muda Muhammadiyah Prambanan yang terdiri dari perwakilan Pemuda Muhammadiyah, KOKAM, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Tapak suci, PRM, dan Pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah-Aisyiyah di Prambanan melaksanakan Touring Study Banding ke Ranting  Prapelan, Adipuro, Kaliangkrik, Magelang. Sebuah Desa yang berada pada ketinggian 1500 m dpl di kaki gunung Sumbing dimana sesekali terlihat hamparan awan yang terlihat lebih rendah dari desa, seolah kita berada di negeri di atas awan. Gugusan awan putih yang dihiasi pancaran sinar matahari menimbulkan landskap alam yang sangat indah.

Rombongan berangkat dari Pondok Pesantren MBS AR Fachrudin Prambanan menuju Kaliangkrik Magelang dengan dikawal Armada Ambulan  PKU Muhammadiyah Sleman dikoordinir oleh PCPM Prambanan, ungkap Sad Fajar, sekretaris PRM Madurejo yang turut dalam kegiatan ini.

“Sampai di Kaliangkrik, rombongan disambut oleh AMM Prampelan, Adipuro Magelang. Acara dimulai dengan perkenalan dan dilanjutkan diskusi tukar pikiran tentang kondisi, strategi dan kegiatan dakwah dari kedua belah pihak” dari Prambanan diwakili oleh ketua PCPM Prambanan Sidik Nugroho, tambah Sad Fajar kepada Eko Sumardiyanto.

Ketua AMM Prampelan Bagus Panuntun menyampaikan, Ranting Prapelan memiliki AUM berupa 1 Madrasah Intidiyah Muhammadiyah, 1 TK ABA, 1 Pondok Pesantren Lukmanul Hakim, dan 1 TPQ. Berdirinya MI Al-Islam adalah berawal dari keprihatinan warga dan para tokoh agama terhadap minimnya lembaga pendidikan yang berbasis Islam di desa Adipuro. Sebelum MI Muhammadiyah Al Islam berdiri hanya ada satu lembaga pendidikan dasar, padahal desa Adipuro memiliki banyak sekali anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu warga dan para tokoh agama yang tergabung dalam pengajian rutin Ahad Pahing sepakat untuk mendirikan lembaga pendidikan dasar berbasis Islam yang di beri nama MI Muhammadiyah Al Islam. Akhirnya pada tanggal 6 Agustus 1967 MI Muhammadiyah Al Islam resmi didirikan dan pertama kali dikepalai oleh Bapak Hajat, A.Ma. Beliau didukung oleh beberapa anggota komite Madrasah pada saat itu dan  Semangat itu harus senantiasa dihidupkan dan diteruskan .

Sebelumnya Rombongan juga menyempatkan berswafoto di spot view lereng gunung dan perkebunan yang mempesona dan betapa indahnya ciptaan Sang Maha Pencipta . Acara diakhiri dengan bertukar kenang-kenangan serta foto bersama.

Reportase : Eko Sumardiyanto

Editor : Arief Hartanto

Tinggalkan Balasan