• Sen. Mar 4th, 2024

Workshop Kewirausahaan “YangMuda Yang Berkarya”  Kalurahan Umbulharjo Kapanewon Cangkringan

Byadmin

Agu 15, 2022

Senin 15 Agustus 2022 menjadi saksi kegiatan untuk menginisiasi semangat wirausaha Generasi Muda
Kalurahan Umbulharjo dengan bertempat di The Alana dan Convention Center, workshop kewirausahaan pemuda (Pokir), bagi generasi muda kalurahan Umbulharjo, Cangkringan dengan tema “Yang Muda Yang Berkarya”, yang digelar oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman berkolaborasi dengan  Ir H Abdul Kadir MH selaku Anggota DPRD Sleman sebagai inisator melalui program pokok pikiran  dengan peserta masyarakat wilayah Kapanewonan Cangkringan.  Kegiatan ini tidak lain dengan tujuan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan pengetahuan terkait kewirausahaan.

“Berwirausaha dengan dasar kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas menjadi kunci dalam memulai usaha “ ini merupakan point-point yang disampaikan oleh  Abdul Kadir dalam memberikan motivasi bagi para peserta Workshop dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan usahanya. Dan ini telah dilalui dan dilakoni semenjak masih muda.

Sementara  narasumber, Kepala Dinas Koperasi UKM Sleman. R Haris Martapa, SE, MT, membuka workshop serta memberikan arahan dan juga motivasi bagi para peserta Workshop .

Olivia Ruminda pemilik dan creator Kue Batik Kukus yakni  brownies kukus yang unik dan cantik
dilihat juga disantap dan mempunyai nilai khas dengan ornamen batik kreasi  Dapur OliviaRu berada di Perumahan Dalem Maguwo Asri Demangan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.  Kombinasi dari cita rasa dan tampilan menarik ini ternyata mampu menghasilkan omset yang tidak main-main dan ini menginspirasi para peserta untuk lebih berkreasi dengan usahanya.

Sementara Wiwit AB Wiji N dari AMIKOM Yogyakarta menyampaikan presentasi Perencanaan bisnis bagi
pengusaha, yang mengedepankan perencanaan dalam usaha dimana Business Plan (Perencanaan Bisnis) adalah suatu dokumen tertulis yang menjelaskan rencana perusahaan atau pengusaha untuk memanfaatkan peluang-peluang usaha, keunggulan bersaing suatu usaha, serta menjelaskan berbagai Langkah yang akan dilakukan
untuk menjadikan peluang usaha tersebut menjadi bentuk usaha yang nyata.

Kata kunci wira usaha adalah keberanian untuk memulai, terencana, tidak takut gagal, coba terus dan Sebuah
usaha harus juga menerapkan prinsip merubah pola pikir, memaksimalkan potensi, teladan, kontinyu serta inovasi menjadi kunci dalam pengembangan sebuah usaha,baik usaha pemula maupun usaha yang sudah berjalan

Reportase : Mohamad Yosi Sofiana

Editor : Arief Hartanto

 

Tinggalkan Balasan