• Ming. Jul 14th, 2024

Pendidikan Keluarga di Era Digital, Pengajian dan Parenting SD Muhammadiyah Girikerto Turi Sleman Bersama H. Sri Purnomo M.Si

Turi, Buletinsleman.Com

Keluarga sebagai salah satu dari tri sentra pendidikan dimana keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama.

Melalui pendampingan orang tua kepada anak saat menggunakan gawai tentunya dapat meningkatkan peran keluarga dalam mendidik anak atau pendidikan karakter di era digital.

Karena tentunya kita mengharapkan kemajuan teknologi saat ini dapat bermanfaat bagi anak baik untuk meningkatkan kemampuan berfikir serta pembentukan mental anak.

Selain itu orang tua sebagai penanggung jawab utama atas anak harus menjalin kerjasama secara baik. Sehingga peran orang tua dalam mendidik anak dapat mencetak generasi cerdas serta berakhlak mulia di era digital seperti sekarang ini.

Hal itulah yang mendasari pengajian Orang tua wali siswa yang berlangsung di SD Muhammadiyah Girikerto, Turi,  Sleman pada Selasa  1 Agustus 2023 yang mengangkat tema “Pendidikan Keluarga di Era Digital” .

“Anak-anak seumuran SD sudah kenal gawai, oleh karenanya kita harus antisipasi dampak negatifnya dan ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mengontrol mereka,” Demikian isi pengajian yang disampaikan oleh mantan Bupati Sleman dua periode Drs. H. Sri Purnomo,  M. Si

Sebelumnya disampaikan pula oleh  Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Girikerto R Ahmad Zaenudin, S. Ag  bahwa acara ini adalah suatu wadah bagi orang tua agar anak-anaknya dapat pendidikan  yang lebih baik di era digital saat ini.

Orang tua adalah “Guru Pertama” terhadap anak, oleh karenanya orang tua tetap menjadi prioritas utama dalam hal mengajar dan membentuk karakter anak.

Membekali diri dengan berbagai informasi tentang pendidikan adalah sebuah keharusan bagi orang tua, agar pola asuh yang mereka terapkan dirumah tepat sasaran dan efisien yang hal itu akan berdampak positif terhadap anak, tumbuh dengan nilai-nilai baik dan terbawa hingga masa dewasa.

Acara pengajian diakhiri dengan melepaskan 2 pasang Merpati oleh beliau Bapak Drs. H Sri Purnomo M.Si didampingi oleh Kepala  Sekolah, Komite dan tokoh masyarakat sebagai penanda berakhirnya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan pertama masuk sekolah tahun pelajaran 2023/2024.

Tinggalkan Balasan