• Sel. Feb 20th, 2024

Fasilitasi Rintisan Desa Wisata di Sorasan Ngemplak  Menangkap Peluang Menyemai Harapan

Ngemplak,  Buletinsleman.Com

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata, Pokdarwis, Destinasi (CBT): Kuliner, Pemasaran, Kelembagaan, Manajemen. Pokmas dan Rintisan Desa Wisata di Sorasan (LPMK), Kab. Sleman diselenggarakan pada Kamis 18 Januari 2024 bertempat di Embung Opak Sorasan, Bimomartani Ngemplak dan dilanjutkan Kunjungan Lapangan  pada Jumat, 19 Januari 2024 Omah Mbudur, Magelang.

Dalam Sambutan dan Pengarahan Kepala Dinas Pariwisata Sleman Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid SH. memaparkan kebijakan Dinas Pariwisata dalam pengembangan kepariwisataan di Sleman.

menyatakan bahwa “ jadwal kegiatan pelatihan dan pendampingan pengelolaan desa wisata merupakan salah satu kebijakan Dinas Pariwisata dalam pengembangan Kepariwisataan di Sleman Timur untuk mengoptimalkan potensi di wilayahnya dan mengembangkannya menjadi destinasi wisata atau desa wisata”.

Kegiatan ini diisi dengan pembekalan Peserta dan Manajemen Tata Kelola Desa/ Destinasi Wisata dan pembuatan Paket Wisata yang berlangsung di Rumah Mbudur.

Adapun materi tentang Sinergitas DPRD Kab. Sleman dan Dinas Pariwisata terhadap Perkembangan Pariwisata di Kabupaten Sleman dibawakan oleh Nurhidayat, A.Md – Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sleman, “  dalam tugas kami selaku anggota Dewan siap guna memperjuangkan aspirasi masyarakat Sorasan terkait upaya  membangun destinasi wisata berkualitas tentunya menggandeng berbagai pihak terkait” .

Tata Kelola Desa/ Destinasi Wisata dibahas secara intens oleh Hary Hermawan, S.Par., M.Μ. Akademisi STP AMPTA Yogyakarta dan tentang pembuatan paket wisata oleh Andi Irawanto dari Desa Wisata Institute.

Menurut Ridwan Nugroho penggiat komunitas dari Ngemplak  kepada Arief Hartanto pada Jum’at siang harapannya dengan kegiatan ini  jadi awal dalam pemberdayaan masyarakat melalui sektor pariwisata.

Acara ini diikuti sekitar 30 peserta yang dengan aktif dan semangat mengikuti rangkaian kegiatan yang membuka wawasan dan pengetahuan baru yang sangat menjanjikan.

 

 

Tinggalkan Balasan