• Sen. Mar 4th, 2024

130 LKS se Kabupaten Sleman ikut Bimtek LKS di Hotel Atrium Yogyakarta.

Sleman, Buletinsleman.Com

Dalam upaya  meningkatkan kapasitas dan keprofesionalan para pengelola Lembaga Kesejahteraan Sosial ( LKS )se Kabupaten Sleman. Peserta bintek diharapkan  semua LKS sebanyak  130 Lembaga dibagi 2 angkatan. Adapun angkatan pertama 17/1/2024 sebanyak 70 LKS dan angkatan ke 2 18/1/2024 sebanyak 60 LKS.

Panti Asuhan Baitul Qowwam Plumbon Mororejo Tempel Sleman pada kesempatan kali ini diwakili ustadz Muhtarom mengikuti peningkatan kapasitas pengelola LKKS Kabupaten Sleman.

Sebagai pemateri dihadirkan para nara sumber  dalam bimtek ini adalah Tokoh Senior LKS yang selama ini sangat memperhatikan dan peduli terhadap keberadaan LKS mulai terdaftar sampai pembinaan dan kemandirian LKS di DIY.

Nara sumber Bimtek tersebut adalah  Dr. H Sugiyanto, S.Sos. MM menyampaikan paparan materi Tentang Administrasi Lembaga LKS yang harus disiapkan, Nyadi Kasmorejo dengan thema Tata dan Kelola LKS serta Minardi S Sos MSi tentang Akreditasi.

3 nara sumber tersebut mengupas tuntas bagaimana memggerakkan LKS agar semua LKS terdaftar serta kedepan bisa mengikuti Akreditasi yang setiap tahun dilaksanakan akreditasi papar Minardi.

Sementara itu dalam Tata Kelola LKS semua syarat harus dipenuhi sehingga apabila tata kelola lks baik akan mendapatkan Angka Akeditasi yang baik bisa A, B dan C atau tidak ada nilai 0 karena belum siap untuk ikut akreditasi. Yang menarik dalam paparan banyak diskusi mengklarifikasi yang telah dilakukan para peserta Bintek LKS sampai hari ini.

Hampir setiap LKS ada masalah baik yang bisa diatasi sendiri atau sampai tingkat ekstern diluar lembaga LKS bahkan sampai konsultasi ke LKKS  Kabupaten Sleman Sebagai tempat untuk konsultasi masalah LKS.

Disela-sela materi terakhir ada arahan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Drs. H Muhtadi.MM mengatakan bahwa terima kasih kepada semuanya baik LKKS Sleman dan Panitia serta yang mendukung acara bimbingan teknis ini sehingga pertemuan bisa dilaksanakan di  di Hotel Atrium Jombor ini. Karena biasanya hanya di aula Kantor Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

“ Untuk itu saya sampaikan terima kasih dan menyambut baik dilaksanakan bimtek ini. Bimtek seperti ini sangat manfaat dan sangat dibutuhkan bagi pengelola LKS agar para pengelola mengetahui syarat syarat untuk pendirian tanda daftar LKS ,  mengurus badan hukum baik individu maupun badan hukum yayasan serta bagaimana tata kelola LKS bahkan dalam bimtek ini juga bagaimana untuk mengusulkan dan syarat untuk akreditasi LKS dan menunjuk para nara sumber senior yang mumpuni dan kompeten di bidangnya”

Muhtadi juga menyampaikan tugas dan fungsi Dinas Sosial Kabupaten Sleman yaitu Bidang Rehabilitasi dan pemberdayaan Sosial, bidang  Jaminan Sosial serta bidang Perlindungan Sosial dari bidang bidang tersebut berupaya untuk membantu masalah sosial melalui LKS sebagai mitra Dinas Sosial Kabupaten Sleman . Sebagai ikon Dinas Sosial adalah Datang Susah Pulang Bungah, paparnya.

Setelah arahan dan sambutan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman dilanjutkan dengan Materi Pamungkas oleh Dr.H. Sugiyanto, S.Sos, MM. Terkait Administrasi dan Alur Layanan LKS pada Klien. Hal ini sangat urgen dan penting dalam sebuah lembaga layanan seperti LKS yang melayani klien. Yang diperlukan dalam Administrasi Pengelolaan LKS adalah Bukti resmi autentik lembaga hal ini sangat penting beliau wanti wanti supaya di cek kembali dokumen LKS.termasuk juga Saksi materiil dan mal Administrasi harus dikelola dengan baik dan benar serta pengelolaan program layanan , program SDM, Kepemimpinan, kebijakan dan penilaian dan evaluasi.

Dari Fungsi Administrasi diharapkan pengelolaan LKS akan baik, benar sistimatis dan beretika dan dapat dipertanggung jawabkan keberadaan LKS

Tinggalkan Balasan