• Sel. Feb 20th, 2024

Pelantikan 203 Anggota KPPS Kalurahan Bangunkerto

Turi, Buletinsleman.Com

Kamis,25 Januari 2024 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kalurahan Bangunkerto, Turi, Sleman menyelenggarakan Pelantikan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Bangunkerto.

Pelantikan berlangsung secara khidmat di Aula Kalurahan Bangunkerto. Dalam kegiatan ini,  203 anggota KPPS dari 29 TPS se-Bangunkerto telah resmi dilantik dan siap untuk bertugas.  Sejumlah tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut antara lain Lurah Desa Bangunkerto, Babinsa, Babinkamtibmas, Pengawas Kalurahan/Desa (PKD) serta Ketua TP PKK Bangunkerto.

Sambutan dari Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU Pusat) yang dibacakan oleh Ketua PPS Bangunkerto, M. Arif Rahman menyebutkan bahwa, “Hari ini pelantikan KPPS dilakukan secara serentak se-Indonesia yang diikuti dengan penanaman pohon oleh seluruh anggota KPPS. Maksud dan tujuan penanaman pohon adalah untuk memberikan kontribusi penggantian penggunaan kertas selama penyelenggaraan pemilu,” tuturnya. Lebih lanjut Arif menegaskan kembali bahwa masa kerja KPPS pada Pemilu 2024 terhitung selama 1 (satu) bulan.

Lurah Bangunkerto, Anas Makruf, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh anggota KPPS yang telah bersedia untuk mendaftar dan mengikuti seleksi. “Saya berharap partisipasi anggota KPPS bukan semata-mata karena honor namun lebih pada pengabdian sebaga warga negara guna menyukseskan Pemilu 2024,” imbuhnya.

Seusai pelantikan, masih terdapat kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) KPPS. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 di tempat yang sama. Penyelenggaraan bimtek bertujuan untuk membekali para anggota KPPS terkait tugas pokok dan fungsi, kode etik, dan teknis pemungutan, penghitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap.

Kontributor Vivi Kusumastuti

Tinggalkan Balasan