• Sel. Feb 20th, 2024

Pengembangan Destinasi Wisata di Saren Wedomartani

Byadmin

Jan 25, 2024

Ngemplak, Buletinsleman.Com

Saren Wedomartani salah satu wilayah yang berada di Ngemplak Sleman terus berbenah, salah satunya dengan Upaya rintisan Destinasi Wisata.

“Pelatihan dan pendampingan pengelolaan desa wisata merupakan salah satu kebijakan Dinas Pariwisata dalam pengembangan Kepariwisataan di Sleman.” sebagaimana Kata Sambutan dan Pengarahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Sleman Kepala Dinas Pariwisata Sleman Ishadi Zayid SH.

Dengan pembicara Bambang Etri dan Ridwan TN memantik kesadaran dan pemahaman baru mengenai rintisan desa wisata seperti nampak dalam kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Desa Wisata, Pokdarwis, Destinasi (CBT): Kuliner, Pemasaran, Kelembagaan, Manajemen. Pokmas dan Rintisan Desa Wisata Kabupaten Sleman yang diselenggarakan pada  Rabu 24 Januari 2024 bertempat di Kepala Dukuh Saren Wedomartani Ngemplak dan dilanjutkan Kunjungan Lapangan  pada Kamis 25 Januari 2024 ke Desa Wisata Karanganyar Magelang.

Sementara dalam pandangan Nurhidayat, A.Md selaku Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sleman menegaskan “ tugas kami selaku anggota Dewan salah satunya memperjuangkan aspirasi masyarakat seperti upaya rintisan destinasi wisata oleh warga Kledokan ini dengan melakukan sinergi dengan pihak terkait”, dalam membawakan materi Sinergitas DPRD Sleman dan Dinas Pariwisata terhadap Perkembangan Pariwisata di Kabupaten Sleman.

Sadar wisata, menggambarkan betapa sektor pariwisata mampu berkontribusi meningkatkan kesejahteraan  serta masyarakat hendaknya dipersiapkan sikap Sadar Wisata sebagai partisipasi dan dukungan segenap komponen masyarakat dalam mendorong terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di suatu wilayah dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Tata Kelola destinasi/desa wisata dalam pandangan Ridwan TN penggiat komunitas dari Ngemplak  kepada Arief Hartanto pada Rabu siang bahwa dengan melakukan sinergitas dengan BUMDesa serta stakeholder lainnya di Desa adalah kunci agar pembangunan serta pengelolaan desa wisata dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

 

 

Tinggalkan Balasan