• Sel. Feb 20th, 2024

Bimtek Pengawas TPS Panwascam Kalasan dan Ngemplak, Persiapan Mengawal Integritas Pemilu

Kalasan, Buletinsleman.Com

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam Kalasan telah secara serentak menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya. Acara ini merupakan bagian dari persiapan menyambut Pemilu 2024 yang semakin dekat.

Panwascam Kalasan menyelenggarakan Bimtek di Royal Palm Resto, dengan Nency Ferronica Apri Melinda, SE, selaku Ketua Panwascam Kalasan, memimpin acara tersebut. Pelatihan ini merupakan hasil kolaborasi antara Panwaslu Kecamatan Kalasan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kapanewon Kalasan.

Acara yang berlangsung pada Selasa, 6 Februari 2024, di Royal Palm Resto and Coffee Kalasan, Jl. Opak Raya, Krajan, Tirtomartani Kalasan, Sleman, ini dihadiri oleh sejumlah pengawas TPS dari berbagai desa di sekitar Kapanewon Kalasan.

“ Salah satu poin penting dalam Bimtek ini adalah pembahasan mengenai pengalaman dalam pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019”. Trapsi Haryadi, S.IP., M.IP., yang menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Sleman pada periode 2018 hingga 2023, memberikan wawasan dan pengalaman berharga dalam menjalankan proses pemilu.

Pembekalan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengawas TPS dalam menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien. Dengan mengetahui pengalaman dari pemilu sebelumnya, diharapkan para pengawas TPS dapat mengantisipasi dan mengatasi berbagai tantangan yang mungkin terjadi pada Pemilu 2024 mendatang.

Selain itu, dalam acara Bimtek ini juga dibahas mengenai tugas dan tanggung jawab pengawas TPS, prosedur pemungutan suara, serta tata cara penghitungan suara yang benar. Semua materi disampaikan dengan cara yang interaktif dan partisipatif, sehingga para peserta dapat memahami dengan baik dan siap untuk melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pengawas TPS Panwascam Kalasan siap untuk menjaga integritas dan keamanan selama proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024, sehingga hasilnya dapat menjadi cerminan yang akurat dari kehendak rakyat di wilayah tersebut.

Sedangkan acara Panwascam Ngemplak berlangsung di  RM. Morolejar, adapun jumlah. PTPS 262 di Kalasan dan 184 di Ngemplak.

 171 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan