• Sel. Feb 20th, 2024

Pelatihan Saksi PAN Sleman, Amankan Suara Sambut Kemenangan

Sleman, Buletinsleman.Com

 

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sleman telah menggelar pelatihan untuk menyiapkan saksi-saksi yang akan mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 yang akan segera dilaksanakan. Dengan tinggal beberapa hari menjelang Rabu, 14 Februari 2024, persiapan ini menjadi prioritas utama untuk memastikan partisipasi maksimal dari saksi PAN di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Sleman.

Di Kabupaten untuk Pemilu 2024, di disiapkan 3.457 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan, serta TPS lokasi khusus di 45 titik.
Menyikapi pentingnya peran saksi dalam mengamankan suara dan mengawasi proses pemilu, Ketua DPD PAN Kabupaten Sleman, dr. Raudi Akmal, menegaskan “ komitmennya untuk memastikan kehadiran setidaknya satu saksi di setiap TPS. Mereka bukan hanya menjadi perwakilan partai, tetapi juga bertanggung jawab atas keamanan suara serta memastikan integritas pemilu terjaga”.

Pelatihan saksi-saksi telah menjalani persiapan yang matang serta mendapatkan mandat resmi dari partai. Bimbingan teknis (Bimtek) juga telah dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang tugas dan tanggung jawab saat bertugas di TPS.

Dalam pelatihan yang digelar pada Kamis, 8 Februari 2024, di Gedung Serbaguna Sleman, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab mereka dalam memastikan keberlangsungan pemungutan suara yang bebas dari kecurangan. Mereka diajak untuk memahami secara lebih baik tentang proses pemungutan suara serta bagaimana mengidentifikasi dan mengatasi potensi pelanggaran yang mungkin terjadi.

Dr. Raudi menekankan bahwa pemilihan saksi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Mereka harus memiliki kemampuan yang memadai serta memahami dengan baik kondisi di lapangan, terutama di daerah yang rentan terhadap pelanggaran. Persiapan yang matang meliputi pengetahuan, keterampilan, etika, serta pemahaman akan potensi pelanggaran di TPS.

Dengan pelatihan ini, diharapkan partisipasi saksi PAN Sleman dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga integritas dan keadilan pemilu, sehingga hasil yang dihasilkan benar-benar mewakili suara rakyat Kabupaten Sleman.

Tinggalkan Balasan