• Sel. Feb 20th, 2024

Pengajian IPHUI Sidoluhur Di Masjid Al Mujahidin Jowah Bagikan 20  Paket Sembako

Godean,Buletinsleman.Com

 

IPHUI atau Ikatan Persaudaraan Haji dan Umroh se Ranting Sidoluhur Ahad sore 11 Februari 2024 bertempat di Masjid Al Mujahidin Jowah Sidoluhur Godean Sleman adakan pengajian rutin .

Menurut ketua IPHUI Sidoluhur Drs. H. Bambang Edy Baskara disampaikan bahwa “selain pengajian inti juga disampaikan 20 (dua puluh) paket sembako bagi jamaah Al Mujahidin hasil infaq jamaah haji dan umroh dan khususnya dari jamaah haji di Jowah serta dari infaq SD Muhammadiyah Sangonan 2 yang berada dalam satu komplek masjid Al Mujahidin”.

Dalam pengajian yang disampaikan oleh Ust. H. Baha’udin, S.Ag diantaranya tentang Kreteria peringkat shalat yakni shalat anak kecil, Shalat yang baik, sesuai rasulullah, Solat nabi tidak pernah telat, Nabi selalu jamaah, Nabi shalat dimasjid dan shalat yang khusuk.

Surat Al Mukminun menerangkan tentang Usaha dengan baik serta Usaha dengan ikhlas.  Ngaji ikhlas lebih baik dari shalat 100 rakaat.

Dalam kesempatan itu Ustadz juga membahas tentang Golongan yang tidak bisa mencium bau Surga yakni :

  1. Kaum yang Menyemir Rambutnya dengan Warna Hitam

Hal ini didasarkan pada sebuah hadits yang berbunyi sebagai berikut,

“Pada masa akhir zaman akan muncul suatu kaum yang menyemir rambutnya dengan warna hitam seperti tembolok burung merpati, mereka ini tidak akan mencium bau harum surga.” (HR. Abu Dawud).

  1. Wanita yang Berpakaian tapi Telanjang

Maksud dari wanita yang berpakaian tapi telanjang adalah wanita yang menggunakan pakaian yang tidak sesuai syariat. Pakaian yang dipakai itu kemudian memperlihatkan bentuk serta lekuk tubuh wanita.

Cara berpakaian seperti ini diharamkan dalam Islam. Meskipun menggunakan hijab, wanita yang seperti itu tidak akan bisa mencium bau Surga.

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yaitu,

“Dua golongan termasuk ahli neraka yang saya belum pernah melihatnya. Golongan pertama: suatu kaum memegang ‘cambuk’ seperti ekor sapi yang digunakan untuk mencambuki manusia, dan golongan kedua: wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka (2 golongan tersebut) tidak akan masuk surga, juga tidak akan mencium baunya, sesungguhnya bau surga itu tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim).

  1. Orang yang Mencambuk Manusia

Orang yang mencambuki manusia menggunakan cambuk yang serupa dengan ekor sapi tidak akan mencium bau Surga. Hadits yang menerangkan ini adalah sama dengan hadits pada poin kedua.

  1. Orang yang Mempelajari Agama untuk Duniawi Saja

Orang yang mempelajari ilmu agama hanya untuk memenuhi keinginanannya dalam konteks duniawi saja, tidak akan dapat mencium bau harus Surga. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yaitu,

“Barangsiapa yang mempelajari suatu ilmu dengan mengharap wajah Allah (yaitu ilmu agama), tidaklah ia mempelajarinya melainkan untuk memperoleh harta dunia, maka dia tidak akan mendapatkan harumnya bau Surga di hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud).

  1. Orang yang Membunuh Orang Kafir yang Tidak Halal untuk Dibunuh

Meskipun orang kafir memang merupakan musuh dari umat Islam. Namun, terdapat beberapa jenis orang kafir yang darahnya haram untuk ditumpahkan oleh umat Islam.

Beberapa jenis kaum kafir tersebut antara lain adalah kafir mu’ahad, yaitu kaum kafir yang memiliki perjanjian dengan kaum muslimin.

Kafir dzimmi, yaitu kaum kafir yang tunduk di bawah kekuasaan kaum muslimin.

Kafir musta’min, yaitu orang kafir yang mencari perlindungan keamanan dari kaum muslimin.

Ketiga golongan orang kafir ini diharamkan untuk dibunuh sebagaimana sabda Rasulullah SAW yaitu,

“Barangsiapa membunuh seseorang kafir dzimmi, maka dia tidak akan mendapatkan baunya surga, padahal baunya surga bisa didapati dari perjalanan 70 tahun.” (HR. Ahmad dan Nasa’i).

Dalam hadits lain dijelaskan,

“Barang siapa membunuh seseorang mu’ahad, maka ia telah dijanjikan tidak akan bisa mencium bau Surga, padahal bau surga dapat dirasakan dari perjalanan 40 tahun.” (HR. Bukhari).

  1. Istri yang Meminta Cerai Tidak Sesuai Syariat

Harumnya wangi surga tidak akan bisa sampai kepada seorang istri yang meminta cerai terhadap suaminya tanpa alasan yang dibenarkan secara syariat. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yaitu,

“Wanita mana saja yang meminta perceraian dari suaminya ‘tanpa alasan yang benar, maka haram baginya bau surga.” (HR. Abu Dawud)

Itulah beberapa golongan yang tidak bisa mencium bau surga sesuai dengan hadits. Semoga ini dapat menambah pengetahuan dan menjaga kita agar terhindar dari menjadi golongan-golongan yang tidak bisa mencium bau surga.

 

Reportase H. Wahdan Arifudin S.Pd

 254 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan